Gratis Humor, cerita lucu dan cerita motivasi hidup

17 Agustus 2010

Hikmah & Manfaat Mensucikan Batin & Peduli Sosial

Kembali kami kutip 'penggalan-penggalan' mutiara-mutiara hikmah dari penulis Catatan Harian Membuka Hati di mail list komunitas suaraSUARA. Semoga dapat menjadi salahsatu alternatif untuk mewujudkan Indonesia yang Damai Adil Bermoral Sejahtera. Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia -- Dirgahayu INDONESIA Jaya. Salam Merdeka.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Alhamdulillah ..... "Kesejukan-Kesejukan" itu berasal dari Allah, Yang Kuasa, tinggal kesediaan kita untuk bersihkan dan sucikan Hati Batin Jiwa kita, maka apabila itu berhasil dilakukan, Hati-Batin-Jiwa kita pun 'insya Allah bisa menjadi 'wadah' Perantara bagi mengalirnya "Kesejukan-Kesejukan" itu yang kemudian tercetus keluar dalam ucapan-ucapan, tulisan-tulisan, sorotan mata kita, wajah teduh, senyuman tulus hangat dan seluruh perilaku hidup kita..

وَلا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ
وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ
وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

" Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (segala bentuk kejahatan, Kebencian, Kemarahan, Permusuhan) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
( QS. Al-Fushshilat, ayat ke-34 sd ke-36 )

Semoga di bulan Ramadhon ini, Hati-Batin-Jiwa kita bisa benar-benar semakin suci bersih bening melalui perbanyak sholat malam, zikir, ingat selalu Allah dalam kesendirian maupun dalam keramaian kerja, lebih peduli kepada anak-anak yatim, fakir miskin dan saudara-saudari kita yang terlantar dan termarjinalkan dalam masyarakat bangsa negara kita, sehingga dengan demikian dan pabila Allah meridhoi amalan-amalan yang datang semata dari hati yang tulus itu, 'insya Allah bisa lebih sering menjadi 'wadah' Perantara bagi mengalirnya "Kesejukan-Kesejukan" itu di lingkungan terdekat kita maupun ke masyarakat luas, sebagaimana mengikuti jejak teladan terbaik kita Baginda Rasulullah saw, menyebarkan "Kesejukan-Kesejukan" kepada berbagai lapisan masyarakat luas..

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الأمِّيِّينَ رَسُولا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ
وَآخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

" Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf (buta/tidak baca kitab suci) seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka dan mengajarkan (dengan lembut, ramah, hangat, bijak, santun) kepada mereka Kitab dan Hikmah (As Sunah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata, dan (juga) kepada kaum yang lain dari mereka yang belum berhubungan dengan mereka. Dan Dia-lah Yang Paling Perkasa lagi Paling Bijaksana. Demikianlah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar."
( QS. Al-Jumu'ah, ayat ke-2 sd ke-4 )

amiin


------------------------------------

PH PRO
Indonesia

Tidak ada komentar: